Cara membuat Septictank | Tips agar Septictank tidak cepat penuh

Cara Membuat Septic tank atau Tandon tinja agar tidak cepat penuh

Septic tank atau biasa di sebut sepitank adalah tempat penampungan limbah kotoran manusia yang mana harus tepat dan benar dalam pembuatannya, dan benar dalam hal fungsinya, dan tentu saja agar tidak membahayakan atau tidak mencemari tanah di sekitarnya.

karena secara langsung kita lihat padatnya penduduk dikota dan rumah yang saling berhimpit-himpitan, Jika kita lihat kondisi diatas, bagaimana jadinya air yang kita konsumsi setiap hari, pastinya tidak baik dan bahaya untuk kesehatan. Perlu anda tahu bahwa pembuatan septictank yang tidak benar akan mencemari tanah, air dan lingkungan disekitar, hal ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari tinja dan sisa-sisa karbohidrat, protein, lemak dan senyawa lainnya. Dan limbah tadi terurai oleh mikroba atau bakteri pengurai dan enzimnya, sehingga menghasilkan zat amonio, nitrogen, metana, karbondioksida, alcohol, dan lain-lainnya.

Tanpa basa-basi lagi, berikut cara membuat septictank yang tepat, akurat, dan benar. Silakan simak baik-baik.

http://solusiwcmampet.net

1. Septictank 3 ruang tertutup

Septictank 3 ruang tertutup ini cocok bagi anda yang mempunyai ruang atau lahan yang cukup luas, karena septictank 3 ruang tertutup ini didesain dengan ukuran sedang sampai jumbo.

berikut ini cara membuat septictank 3 ruang tertutup  :
 – gali tanah dengan ukuran panjang minimal 2 meter dan lebar minimal 1 meter, sedangkan kedalamannya minimal 1 meter.
– Jika tanah sudah digali sesuai keinginan, kini anda tinggal memasang bata sebagai dindingnya.
– setelah itu pasang bata melintang seperti anda membuat ruangan atau kamar sebanyak tiga ruang.(lihat gambar)

– ruang yang pertama bagian bawah biarkan berlubang dengan diameter 20cm s/d 50cm, hal ini dimaksudkan agar memaksimalkan volume ruang pertama untuk mengisi ruang kedua.

– ruang kedua itu terserah anda, bisa membuat lubang ditengah atau membuat lubang di atas.(saran saya anda buat lubang diatas saja,karena itu berfungsi menahan debit kotoran dan airnya saja yang masuk ke ruang 3).

– berikut adalah ruang ketiga, saya menyarankan pada ruang ketiga ini pada bagian dinding dan dasarnya jangan anda semen atau di plester, tujuannya agar limbah kotoran cair dapat meresap kedalam tanah.


2. Septictank  2 ruang

Bagi anda yang tempat tinggalnya berhimpit-himpitan atau ruangan dan lahan yang terbatas, septictank 2 ruang ini mungkin bisa jadi solusi anda. Karena selain pembuatannya yang cukup mudah,praktis dan cepat, septictank 2 ruang ini juga dapat menghemat waktu dan biaya anda.

caranya pun sama seperti membuat septictank 3 ruang, cuma bedanya pada lubangnya. Pada septictank 3 ruang kita harus membuat 2 lubang (pertama dibawah dan yang kedua diatas), sedangkan pada septictank 2 ruang ini kita hanya membuat 1 lubang yang berada diatas (tepat diatas tutup septictank). Lubangnya pun jangan terlalu besar  dan saya sarankan menggunakan pipa pvc yang berukuran 2″-3″, hal ini dimaksudkan agar airnya saja yang masuk pada ruang 2 dan endapan lumpur tetap pada bagian ruang pertama.

Nah diatas sudah saya jelaskan cara membuat septictank yang benar dan mungkin dapat menghemat waktu dan biaya anda untuk memanggil tukang sedot wc karena septictank dirumah anda cepat penuh, Tapi sebagai  tambahan dari saya “cepat atau lamanya masa penyedotan, itu tergantung dari kondisi tanah dan sumber air ditempat anda“. Dan jika masanya sudah tiba (WC mampet atau septictank penuh) silahkan anda panggil Jasa Sedot atau alternatifnya gunakan  Degra Simba (Cairan pengurai tinja dan sampah-sampah organik)
.


Itulah uraian tentang Cara Membuat Septic tank atau Tandon tinja agar tidak cepat penuh

Incoming search terms:

  • Buat septictank 2 ruang
  • cara membuat pengurai sepitank
  • septic tank 2 ruang
This entry was posted in Cara membuat Septic Tank and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Cara membuat Septictank | Tips agar Septictank tidak cepat penuh

  1. Raihana says:

    Terima kasih infonya bermanfaat bangetttt 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *